Ancaman Letusan Gunung Baru Jari, Anak Gunung Rinjani

17.39
gunung-baru-jari
Gunung Rinjani di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, sejauh ini dikenal dunia juga sebagai destinasi favorite buat melampiaskan energi mendaki. Keadaan bentang alam disekitar Gunung Rinjani & ketinggiannya dari atas permukaan laut benar-benar miliki sudut unik tersendiri di bandingkan bersama gunung berapi yang lain di Indonesia. Tapi dibalik keelokannya, Gunung Rinjani & beragam kegiatan vulkanik di sekitarnya konsisten menaruh kapabilitas dahsyat.

Serangkaian letusan agung sempat berjalan & sampai sekarang tetap berproses di dalam dapur magma kawasan vulkanik Gunung Rinjani. Hri ini akan dipandang betapa letusan dahsyat Gunung Rinjani ribuan th silam menimbulkan satu buah kaldera agung yg saat ini disebut juga sebagai Danau Segara Anak.

Tidak Hanya Danau Segara Anak, bukti kedahsyatan gerakan vulkanik yg tersimpan di balik bentangan alam nan indah Gunung Rinjani bisa dipandang dari fenomena munculnya “anak gunung Rinjani” yg berada persis di sebelah Danau Segara Anak, penduduk seputar menyebutnya Gunung Baru, atau Gunung Baru Jari. Gunung ini kelihatan terang kalah rupawan dgn “induknya” Gunung Rinjani. Tapi Gunung Baru Jari waktu ini masihlah konsisten berkembang. Gerakan vulkanik di dalam dapur magmanya mirip dgn induknya di Gunung Rinjani, tidak ada kata berakhir sejenak. Dapur magma Gunung Baru Jari juga terus bergejolak.

Gunung Baru Jari terletak persis disebelah Danau Segara Anak. Danau ini yaitu bukti nyata dari kedahsyatan letusan Gunung Rinjani ribuan th silam. Luasan Danau Segara Anak 11 juta m persegi & kedalaman mencapai 230 m. Pembentukan Gunung Baru Jari serta akibat dari saluran magma dari Rinjani yg mengalir sampai menumbuhkan Gunung Baru Jari tetap mengerucut ke atas. Diwaktu ini Gunung Api Baru Jari sudah mencapai ketinggian 2.376 mdpl atau lebih dari 300 m dari tinggi permukaan air danau yg berketinggian 2.008 mdpl.

Pekan (1/11) tempo hari, Gunung Baru Jari hasilnya kembali menunjukkan tanda bahwa beliau benar-benar sedang konsisten bergejolak. Baru Jari dilaporkan meletus & mengeluarkan abu vulkanik.

Meskipun statusnya tetap berada di level waspada, tapi resiko dari letusan Gunung Baru Jari terang amat sangat terasa di urusan penerbangan. Bandara Ngurah Rai, Bali lumpuh keseluruhanSeluruh penerbangan dari & menuju Pulau Bali dibatalkan.

Asap vulkanik gunung berapi ialah mimpi jelek bagi mesin pesawat terbang. Posisi terakhir arah abu vulkanik letusan Gunung Barujari seperti yg diungkapkan oleh Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan JA Barata, sebaran volcano activity dominan ke arah barat daya-barat laut, maka menutupi wilayah hawa Bandara Ngurah Rai & Bandara Selaparang, Mataram. (cal)
img : panoramio
Previous
Next Post »

1 komentar

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    BalasHapus