Ini lima Kriteria dan Syarat Sapi Qurban yg Harus Diperhatikan

20.55
Tak terasa hampir satu bulan lagi kita akan bertemu menggunakan hari raya Idul Adha. Bagaimana, apa Anda sudah mempersiapkan fauna Qurban Anda? Ada poly yg menyediakan jasa jual sapi qurban, namun sebelum membeli beberapa syarat dan kriteria ini dia patut Anda perhatikan.



1. Memenuhi Syarat Batas Umur Sesuai Syariat
Sapi ataupun hewan qurban lainnya yg akan disembelih wajib  dipastikan sudah memenuhi usia yg diperbolehkan sang syariat. Pastikan sapi sudah memasuki usia musinnah (dewasa) yang menurut Imam Hanafi, Imam Hambali & Imam Syafi’I adalah sapi yg telah berusia dua tahun.
Salah satu indikasi sapi telah memasuki usia musinnah adalah sudah tumbuhnya sepasang gigi permanen. Usia ini dipilih lantaran sapi sudah memasuki usia dewasa & umumnya sedang pada syarat terbaik. Pada usia ini juga sapi memiliki berat yang proporsional buat disembelih.
2. Memiliki Kondisi Kesehatan yg Baik
Sapi qurban haruslah memiliki kesehatan yang baik serta bebas dari aib dan stigma. Ada empat jenis fauna yg diharamkan buat dikurbankan yaitu fauna yang buta sebelah yang jelas kebutaannya. Memiliki stigma dalam bagian kaki sebagai akibatnya tampak pincang saat berjalan, atau memiliki sakit yg menganggu kualitas dagingnya.

Sedangkan fauna khususnya sapi yang akan dikurbankan haruslah memiliki syarat kesehatan yg baik & bentuk fisik yang sempurna. Ciri-ciri sapi yg kondisi kesehatannya baik merupakan lubang mulut, mata, hidung, telinga sampai anus bersih & normal. Elastisitas kulit sapi baik yg berarti sapi tidak mengalami kekurangan cairan.

Tidak mempunyai luka atau borok pada lebih kurang tubuhnya. Bergerak aktif jua mau makan dan minum menggunakan normal. Para ulama juga memfatwakan bahwa fauna kurban tidak boleh memiliki stigma pada bagian telinga & ekor. Apabila Anda berniat buat mencari sapi qurban, pilihlah yang memenuhi kriteria kesehatan pada atas.
3. Memiliki Berat yg Proporsional
Sapi qurban usahakan memiliki berat yang proporsional, gemuk & mempunyai daging yang banyak. Ini dikarenakan sapi yg akan disembelih nantinya akan dibagikan dalam yang membutuhkan, sebagai akibatnya disunahkan buat menentukan sapi yang gemuk & tidak kurus.

4.Diutamakan Memilih Sapi Jantan daripada Betina
Rasulullah s.A.W menyunnahkan buat menyembelih hewan jantan. Serta melarang menyembelih sapi yang baru melahirkan atau dalam keadaan hamil. Sapi jantan lebih primer lantaran selain mempunyai tanduk, sapi jantan lebih enak dagingnya & gampang diolah.

Tetapi apabila sapi yg tersedia hanya sapi betina, Anda tetap boleh menyembelihnya dengan memerhatikan dua kondisi di atas yaitu nir pada keadaan hamil atau baru melahirkan. Pastikan pula sapi betina tadi memenuhi kondisi-syarat sapi qurban pada atas.

5. Sapi Bisa Disembelih Untuk 7 Orang
Berbeda memakai kambing yg hanya mampu disembelih buat satu orang, sapi bisa digunakan buat qurban bagi 7 orang. Menurut para ulama’, cara patungan qurban seperti ini lebih disukai lantaran mempunyai banyak maslahat. Salah satunya karena daging sapi lebih disukai serta proses penyembelihannya nir membutuhkan waktu usang .

Bandingkan apabila 7 orang tersebut menetapkan berkurban menggunakan kambing buat diri masing-masing. Penyembelihan 7 ekor kambing tentu membutuhkan saat lebih lama   dibanding menyembelih satu ekor sapi.

Itulah beberapa syarat & kriteria yang wajib  Anda perhatikan sebelum menentukan sapi qurban. Untuk mendapatkan sapi yang berkualitas, Global Qurban menyediakan jasa jual sapi qurban yang tentu saja telah memenuhi poly sekali syarat dalam atas.
Latest
Previous
Next Post »
0 Komentar