Ini Dia Orang-Orang yg Berhak Menerima Qurban

20.06
Siapa saja orang-orang yang berhak buat menerima qurban? Qurban dilakukan galat satunya menjadi bentuk buat bersedekah atau berbagi dengan sesama. Dengan melakukan qurban maka kita bisa membantu sesama & mengembangkan kebahagiaan terhadap sesama umat muslim yg membutuhkan.

Setelah disembelih maka hewan qurban akan dipotong-pangkas & dibagi-bagi pada poly orang. Seperti layaknya zakat, ada golongan orang-orang eksklusif yang memiliki hak untuk mendapat daging hewan qurban. Agar mampu dibagikan pada orang-orang yang sempurna, maka anda harus tahu pada siapa saja daging fauna qurban memang boleh diberikan.

Sama seperti zakat tetapi terdapat jua perbedaannya. Daging qurban wajib  dibagikan sempurna target menggunakan jumlah yg pas agar nir menyimpang dari makna qurban itu sendiri. Kali ini kita akan membahas golongan orang apa saja yg layak buat memperoleh daging hasil qurban.

Golongan Orang yg Layak Menerima Qurban
Berikut merupakan golongan orang-orang yg mempunyai hak buat menerima daging fauna qurban :
1. Orang yang Berkurban

Orang yang melakukan qurban memiliki hak untuk menerima qurban. Berbeda halnya dengan zakat dimana orang yang berzakat tidak menerima beras yang dizakatkan. Daging hewan qurban bisa diberikan kepada mereka yang berkurban untuk dinikmati sendiri atau bersama keluarga.

2. Fakir Miskin

Fakir miskin berhak menerima daging qurban agar mereka juga bisa merasakan nikmatnya Idul Adha dengan makan daging qurban. Daging qurban diberikan kepada fakir miskin dengan tujuan bisa mencukup kebutuhan mereka pada hari itu juga. Inilah salah satu makna dari berkurban yaitu berbagi dan menjalin kasih dengan sesama umat muslim yang membutuhkan.

3. Kerabat

Daging kurban bisa dibagikan kepada kerabat dengan tujuan untuk menyambung silaturahmi. Disebutkan bahwa salah satu makna dari berkurban adalah mempererat tali silaturahmi. Oleh karena itu anda bisa membagikan daging qurban kepada kerabat dengan tujuan agar hubungan baik tetap terjaga.

4. Tetangga dan Teman-Teman

Salah satu tujuan berkurban adalah mempererat tali persaudaraan. Oleh karena itu anda bisa membagikan daging qurban kepada tetangga di sekitar atau kepada teman-teman. Dengan begitu maka akan semakin banyak orang yang bisa menikmati indahnya berkurban.

Five. Tukang Sembelih

Daging kurban bisa diberikan kepada orang yang bertugas untuk menyembelih hewan qurban. Namun perlu diperhatikan bahwa daging qurban ini diberikan bukan sebagai upah melainkan murni sebagai sebuah pemberian yang ikhlas. Upah yang diambil dari daging hewan qurban sangat tidak diperbolehkan.
Perlu diketahui juga bahwa penyembelihan & pembagian fauna qurban wajib  dilakukan sesegera mungkin. Memang waktu penyembelihan fauna qurban merupakan sesudah sholat Idul Adha & tiga hari setelahnya atau total selama empat hari. Namun, akan jauh lebih baik bila qurban dilakukan segera seteleh terselesaikan sholat Idul Adha.

Begitu juga menggunakan pembagian daging qurban. Begitu terselesaikan disembelih, sangat diutamakan untuk segera dilakukan pembagian daging qurban kepada orang-orang yg berhak mendapat. Sangat buruk buat menunda-nunda proses qurban & pembagian hewan qurban. Semakin cepat akan semakin baik & daging qurban yg diterima pun pula akan lebih segar dan kualitasnya terjaga. Harga hewan qurban jua menghipnotis dalam mengagumkan tidaknya kualitas daging qurban.

Itulah tersebut beberapa hal yg perlu anda ketahui mengenai golongan orang yang layak mendapat qurban dan bagaimana qurban seharusnya dilakukan. Pastikan anda berkurban dengan cara yg sahih & menaruh daging qurban kepada orang-orang yang memang berhak menerima qurban menurut Islam. Semoga niat anda untuk berkurban membawa keberkahan bagi anda.
Previous
Next Post »
0 Komentar