Global Zakat luncurkan program humainty card

23.41
Humanity Card: Dari, Oleh, dan Untuk Umat
"Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya" (Ali Imran ayat 92) Belum habis masa untuk memuliakan para penerima zakat (mustahiq). Sejumlah program bantuan kemanusiaan ditunjukkan oleh masyarakat Indonesia melalui program Humanity Card (HC) yang digagas oleh Global Zakat - Aksi Cepat Tanggap (ACT). Program yang memungkinkan masyarakat untuk berderma sekaligus memuliakan para mustahiq zakat ini terus menjangkau lebih banyak orang hingga ke belahan dunia.

Kartu hijau kecil seukuran KTP ini pertama kali menyapa masyarakat dhuafa yang tersebar di wilayah Jabodetabek pada Desember 2016. Ikhtiar memuliakan penerima zakat ini terus meluas, menghampiri warga pra-sejahtera dan masyarakat yang terpapar konflik serta menyapa para pengungsi Suriah di perbatasan Turki, Rohingya di Bangladesh, dan warga Gaza di Palestina. Program HC ini berbentuk bantuan bahan pangan bulanan, yang dapat diambil dengan menunjukkan kartu di toko-toko yang menjadi mitra program tersebut seperti di gerai-gerai Sodaqo Mini Mart. Bahan-bahan pangan yang masuk dalam program ini adalah barang kebutuhan pokok bulanan yang memang menjadi kebutuhan setiap keluarga yang sangat membutuhkan.

Bagi para pengungsi seperti di Rohingya dan Palestina, Humanity Card menjadi bentuk bantuan yang cukup unik. Jika biasanya mereka mengantre untuk mendapatkan paket bantuan langsung, saat itu mereka bisa berbelanja sesuai kebutuhan mereka dengan kartu serupa electronic money. Kartu yang telah terisi nominal uang tersebut memudahkan para pengungsi untuk berbelanja kebutuhan pokok selama sebulan.Dalam kesehariannya, mereka jarang berbelanja dengan leluasa di minimarket.
Selalu terdapat kalkulasi mengenai barang mana yang sahih-benar harus dibeli. Beruntung bila opsi berbelanja ini terdapat. Sering kali, opsi itu hilang lantaran nihilnya uang yg mereka miliki.

Namun menggunakan adanya acara HC, aneka macam jenis sembako diborong sang para penerima zakat yg sudah mengantre berbelanja. Mereka membawa pulang berkilo-kilo bahan kuliner seperti beras, minyak goreng, bawang, kentang, kacang-kacangan, gula, susu, garam, & semai.

Global Zakat beserta ACT akan terus berikhtiar membenahi layanan bantuan humanisme buat para mustahiq zakat. Donatur ACT atau para Muzakki (orang yg mengeluarkan zakat) mampu menyalurkan kewajibannya, menggunakan cara autodebet/standing instruction (pendebetan otomatis berdasarkan rekening donatur setiap bulannya ke rekening ACT), atau zakat penghasilan bulanan tersebut ditransfer eksklusif ke rekening Global Zakat-ACT.
Mari tunaikan kewajiban zakat Anda bersama Global Zakat. Semoga kita bisa meringankan beban dan derita saudara-saudara kita yg sedang dirudung nestapa di segala pejuru dunia. 

Previous
Next Post »
0 Komentar