Berapa usia hewan qurban yang di bolehkan ?

20.05
Berapa Usia Hewan Kurban yang Benar Dalam Ajaran Islam ?
Musinnah hewan kurban kambing adalah keliru satu yg sudah mencapai usia satu tahun menurut Hanafi, Maalikis & Hanbalis. Menurut Shaafa’is, itu merupakan galat satu yang sudah mencapai usia 2 tahun.Musinnah sapi qurban merupakan salah  satu yg sudah
Sebagai seseorang muslim sudah seharusnya kita mengetahui isu keterangan berapa usia fauna yang bisa kita jadikan kurban. Simak pendapat beberapa pendapat ulama berikut mengenai berapa usia fauna kurban yang sahih.

Al-Haafiz berkata pada al-Talkhees :

Arti yang kentara menurut hadits menerangkan bahwa jadha’ah domba nir diperbolehkan kecuali bila seseorang tidak bisa menemukan musinnah. Konsensus akademis mengatakan sesuatu yg tidak selaras, sehingga hadits ini wajib  dipahami menjadi mengacu pada apa yang lebih baik. Jadi mustahabb nir menyembah apa pun kecuali musinnah. Akhiri kutipan.

Dikatakan pada ‘ Awn al-Ma’bood :

Interpretasi ini merupakan galat satu yang sahih. Kemudian dia mengutip beberapa hadits yang memperlihatkan bahwa diperbolehkan untuk menawarkan jadha’ah domba menjadi kurban, misalnya hadits ‘Uqbah ibn’ Aamir (semoga Allah bahagia menggunakan dia) yg berkata: “Kami menyembelih jadha’ah domba dengan Rasulullah (damai & berkah menurut Allah besertanya). ”Diriwayatkan oleh al-Nasaa’i, 4382. Al-Haafiz menyampaikan: Isnaadnya merupakan qawiy (bertenaga). Itu digolongkan sebagai shahih oleh al-Albaani di Shahih al-Nasaa’i .

Dikatakan dalam al-Mawsoo’ah al-Fiqhiyyah mengenai syarat udhiyah:

Kondisi kedua merupakan bahwa itu wajib  mencapai usia pengorbanan, dengan sebagai thaniyyah atau lebih tua pada kasus unta, sapi dan kambing, dan jadha’ah atau yg lebih tua pada masalah domba. Pengorbanan tidak dihitung jika hewan itu lebih muda dari seseorang thaniyyah kecuali dalam masalah domba, atau apabila itu adalah domba yang lebih muda dari jadha’ah…. The fuqaha ‘disepakati syarat ini, tetapi mereka tidak sinkron buat apa yg dimaksud menggunakan thaniyyah & jadha’ah. Akhiri kutipan.

Ibn ‘Abd al-Barr (semoga Allah merahmatinya) mengatakan:

Saya nir memahami terdapat disparitas pendapat dengan pandangan bahwa jadha’ah kambing atau apa pun yg ditawarkan sebagai kurban selain domba tidak diperbolehkan. Alih-alih diperbolehkan mengorbankan thaniyyah atau sesuatu yg lebih tua menurut semua ini. Dibolehkan buat mengorbankan jadha’ah domba menurut Sunnah. Akhiri kutipan menurut Tarteeb al-Tamheed.

Al-Nawawi mengungkapkan pada al-Majmoo:

Umat ​​putusan bulat bahwa berkenaan dengan unta, sapi, & kambing, tidak ada yg akan dilakukan kecuali satu thaniyyah, & berkenaan menggunakan domba, tidak terdapat yang akan dilakukan kecuali jadha’ah, & bahwa ini semua dapat diterima. Namun beberapa rekan kami meriwayatkan bahwa Ibn ‘Umar & al-Zuhri mengungkapkan: A jadha’ah domba tidak dihitung. Diriwayatkan berdasarkan ‘Ata’ dan al-‘Awzaa’i bahwa jadha’ah unta, sapi, kambing & domba memang dihitung. Akhiri kutipan.

Kedua:

Berkenaan menggunakan usia yg ditetapkan hewan kurban, para ulama tidak selaras tentang itu. Jadha’ah domba merupakan domba yg telah mencapai usia enam bulan, menurut Hanafi & Hanbalis. Menurut Maalikis dan Shaafa’is itu merupakan domba yg telah mencapai usia satu tahun.

Hewan kurban kambing
Hewan kurban kambing

Berapa Usia Hewan Kurban yang Benar Dalam Ajaran Islam ?
Musinnah fauna kurban kambing merupakan keliru satu yang sudah mencapai usia satu tahun berdasarkan Hanafi, Maalikis & Hanbalis. Menurut Shaafa’is, itu adalah keliru satu yang sudah mencapai usia dua tahun.

Musinnah sapi kurban adalah keliru satu yang sudah mencapai usia dua tahun berdasarkan Hanafi, Shaafa’is & Hanbali, berdasarkan Maalikis itu adalah galat satu yg telah mencapai usia 3 tahun. Musinnah Hewan Kurban unta adalah keliru satu yang sudah mencapai usia lima tahun menurut Hanafi, Maalikis, Shaafa’is dan Hanbalis.
Previous
Next Post »
0 Komentar