Distribusi qurban ke seleruh nusantara dan dunia

23.20
Sebar Qurban Nusantara, Umat islam mempunyai 2 hari raya krusial di setiap tahun nya, Idul Fitri Dan Idul Adha di setiap hari raya umat islam tadi selalu terdapat hal yang menarik. Dan yg cukup spesial   merupakan idul adha, Setiap lepas 10 Dzul Hijjah, Semua umat Islam yg tidak ikut buat melaksanakan haji akan ikut merayakan hari raya Idul Adha. Pada hari itu.
Seluruh umat Islam sangat dianjurkan atau disunnahkan buat melakukan qurban dimana mereka akan Menyembelih fauna qurban buat lalu daging hewan Qurban akan sebar kan kepada mereka yang berhak mendapat nya.Lalu apakah itu qurban ? Kenapa kita wajib  berqurban & mengembangkan daging qurban nya ?
Kata Qurban sendiri dari dari bahasa arab yang arti nya dekat. Dan jika diartikan qurban itu berarti mendekatkan Diri pada allah swt, menggunakan cara menyembelih fauna ternak misalnya (Sapi, kerbau, kambing,unta) dalam hari idul adha & hari-hari tasyriq menjadi bentuk mendekatkan diri kepada allah swt Qurban sendiri memiliki keutamaan nya sendiri hal ini seperti yang dijelaskan Aisyah ra.Dari Aisyah ra, Nabi SAW bersabda, ” Tidak terdapat sesuatu amalanpun yg dilakukan oleh insan dalam hari raya idul adha yg sangat dicintai Allah SWT.
Berdasarkan menyembelih hewan qurban sesungguhnya fauna qurban itu kelak dalam hari kiamat akan tiba bersama tanduk-tanduk nya, Bulu nya & kukunya, Dan sesungguhnya sebelum darah qurban itu menyentuh, beliau pahalanya Telah diterima disisi Allah swt. Maka beruntunglah kalian dengan pahala qurban tadi.” (HR Tirmidzi).
Mengenai cara pendistribusian hewan qurban yg paling baik disebutkan dibeberapa dalil ini dia :
Supaya mereka mensaksikan banyak sekali manfaat bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama allah swt pada hari yang telah dipengaruhi (Yaitu tanggal 10-13 Dzulhijah) Atas rizki yang allah swt berikan pada mereka berupa hewan ternak, Maka makanlah sebagahagian daripadanya & sebagahagian lagi berikanlah buat dimakan orang-orang yg fakir & miskin. (QS. Al-Hajj [22]:34)


Sesuai menggunakan ayat alquran diatas dijelaskan bahwa allah swt menyebutkan bahwa penyembelihan fauna qurban merupakan suatu wujud berdasarkan rasa syukur atas nikmat yg pada berikan allah swt, & Disyariatkan untuk memberikan daging fauna qurban kepada orang orang fakir dan juga orang-orang miskin. Dalam hadist shahih lain jua dijelaskan bahwa Rasulullah saw melarang para teman nya buat menyimpan daging qurban Pada karenakan dalam waktu itu banyak rakyat miskin yang datang ke madinah al-munawaroh buat meminta daging qurban Maka rasulullah saw memerintahkan buat menaruh & membuatkan kepada rakyat fakir & miskin tersebut.
Sungguh mulia ahlak rasulullah saw, sang karena itu kita sebagai umatnya harus untuk mengikuti apa Yg sudah dia lakukan yaitu menggunakan membagikan daging qurban kepada mereka yang membutuhkan, Bukah hanya disekitar tapi pula sebar qurban nusantara bahkan global misalnya negara negara yang sedang dilanda krisis seperti ( Palestina, suriah, yaman, rohingya) sebagai akibatnya kita dapat ikut andil buat membahagiakan mereka semua di hari raya idul adha yg penuh menggunakan keberkahan.


Previous
Next Post »
0 Komentar