Waspada Potensi Gempa Pesisir Barat Sumatera

18.53

Dilansir di web Tubuh Meteorologi, Klimatologi, & Geofisika, gempa Pariaman berguncang pass keras menggetarkan seismograf sebesar 5,2 Skala Richter. Gempa Pariaman terdaftar oleh seismograf pada pukul 01.54 WIB. Lokasinya berada di 0.58 Lintang Selatan – 99.15 Bujur Timur dan pusat getaran gempa berada di kedalaman 35 kilometer.

Setelah gempa berguncang cukup keras, warga Pariaman dihimbau untuk tak panik, karena gempa ini disimpulkan tak memicu tsunami. Walaupun area pusat gempa berada di kurang lebih 107 kilo meter sebelah barat laut Pariaman, tapi kedalaman gempa yang tak terlalu dangkal disimpulkan tidak dapat memicu gelombang tsunami yang mematikan.

Utk ketahuan, wilayah pesisir barat Sumatera memang lah menjadi lokasi rawan diguncang gempa. Karena wilayah pesisir barat Sumatera menjadi ruangan pertemuan antara dua lempeng gede bumi, merupakan Lempeng Eurasian di sebelah utara dan Lempeng Indo Australia di sebelah selatan.

Satu Orang Pakar gempa dari geoteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( Dinas Ilmu Wawasan Indonesia), Danny Hilman Natawidjaja mengatakan setidaknya di tanah Sumatera ada tiga zona besar sesar atau patahan lempeng bumi yang bisa menyebabkan potensi gempa bumi. Sesar itu adalah megathrust di zona subduksi sepanjang sisi barat pulau, sesar darat patahan Semangko, dan sesar Mentawai.

Celakanya, 7 patahan aktif terdapat di sebagian besar wilayah Provinsi Sumatera Barat. Maka dari itu, sudah sepatutnya gempa Pariaman yang terjadi pagi dinihari tadi (Minggu 17 Januari 2016) di sikapi dengan bijak yang merupakan tanda bahwa lempengan di Sumatera Barat masihlah akan terus akif dan melepaskan getaran gempa.

Apabila diperhatikan dari pencatatan aktivitas seismik yang dimiliki BPBD Sumatera Barat, pergerakan ketujuh patahan tersebut memiliki kecepatan antara 19 hingga 4 mm pertahun dgn type geser horizontal atau patahan searah. Angka magnitudo yang bisa dihasilkan oleh pergerakan patahan Sumatera Barat ini mencapai 6.9 hingga 7.6 skala richter. Salah satu bisa saja saja gempa seperti yang terjadi kepada gempa Pariaman tadi tengah tengah malam, melepaskan energi gempa pass besar kira kira 5,2 SR.
sumber
Previous
Next Post »
0 Komentar