UNICEF: 2016 Kelaparan Masih akan Terjadi di Afrika

18.59

Selama bepuluh tahun silam, disaat belahan dunia Eropa, Asia dan Amerika berkembang makin menakjubkan. Sementara itu di Afrika kemiskinan dan kelaparan konsisten menjadi penderitaan tak berujung. Bahkan di tahun 2016 ini, diprediksi kasus kelaparan atau malnutrisi atau gizi tidak baik masih dapat membayangi negara-negara miskin di Afrika.

Seperti yang dilansir National Geographic, UNICEF ( U.N. Children’s Fund) memprediksi bahwa negara-negara di Afrika sebelah timur dan Afrika sebelah selatan konsisten bisa menghadapi gejolak kelaparan dan penyakit yang menerpa jutaan jiwa anak-anak akibat kasus gizi buruk.

Bahkan UNICEF memperingatkan bencana alam yang diakibatkan oleh anomali cuaca di tahun 2016 akan jadi akan semakin memperburuk kondisi kelaparan dan risiko gizi jelek.

Th 2015 dahulu, UNICEF menyimpulkan hitungannya kepada penderitaan kasus kelaparan di Ethiopia, sedikitnya ada 10 juta orang di Ethiopia yang mengalami kasus gizi buruk dan kelaparan. Di thn 2016 ini, UNICEF memprediksi akan terjadi lonjakan lebih besar kasus kelaparan di Ethiopia, setidaknya jumlah warga Ethiopia saja yang mengalami kelaparan akan meningkat mencapai 15 juta orang. Dari jumlah itu, 350 ribu jiwa di antara ialah anak-anak yang membutuhkan bantuan medis dan bantuan makanan bergizi jauh lebih banyak ketimbang gizi untuk orang dewasa.

terkecuali Ethiopia, kasus kelaparan dan gizi tak baik di th 2016 juga diprediksi akan mendera negara Somalia. Negeri Muslim yang sekian thn terakhir terjebak dalam konflik internal. Di Somalia diperkirakan akan terjadi darurat makanan kira kira 855.000 jiwa. Sedangkan di Zimbabwe, darurat kelaparan dan gizi tidak baik dapat menerpa 1,5 juta warga.

Kasus gizi tak baik di Afrika memang lah menjadi perhatian serius UNICEF utk tahun 2016 ini. Dikarenakan, kondisi cuaca tidak baik akibat perubahan iklim diperkirakan memiliki intensitas lebih kejam di tahun ini. Musim kemarau berkepanjangan bahkan banjir bandang diperparah oleh ekonomi yang jalan ditempat akan jadi masalah fatal bagi negara-negara miskin di Afrika.

Resiko yang ter tidak baik dari kasus kelaparan dan gizi buruk akan menyerang golongan paling rentan, adalah anak-anak berusia di bawah 5 tahun.
sumber
Previous
Next Post »
0 Komentar