Kenapa harus zakat ? | Hukum Zakat Dan Keutamaan nya

03.33

Kenapa Harus Berzakat ? 


Zakat meruapakan salah satu pilar penopang agama, zakat merupakan ibadah yang memiliki keunikan tersendiri dari ibadah yang lain . Jika dibandingkan dengan puasa, haji, ataupun sholat yang jelas-jelas mengedepankan nilai ketuhanan yang sangat tinggi, sekilas zakat cukup berbeda dari ibadah tersebut. Tanpa mengesampingkan nilai-nilai ibadah tersebut, justru kandungan dan nilai nilai sosial lah yang nampak begitu jelas pada rukun Islam ini.

Pengamalan dalam melakukan ibadah terhadap zakat dapat mencerminkan kepedulian seorang muslim pada sesama. Mengapa? Karena jelas sasaran dari zakat adalah orang-orang yang berhak menerima bantuan yang kurang mampu. Di harapkan dengan pemberian tersebut, tentu kualitas hidup mereka akan meningkat. Hal ini tentu menginsformasikan bahwa agama Islam sudah mengatur bagaimana seorang muslim dapat hidup secara seimbang dan berbagi terhadap sesama, yaitu  dengan  memerhatikan aspek hubungan dengan Allah maupun dengan manusia lainnya ataupun yang sering disebut habluminallah dan habluminanas.


Selain itu, ibadah zakat atau zakat online juga memiliki fungsi untuk menyucikan harta yang telah diperoleh. Alasannya tentu karena kita telah menunaikan hak orang lain pada sebagian harta yang kita miliki. Dengan kata lain, harta yg telah kita berikan zakatnya sudah menjadi hak penuh milik kita sehingga menjadi harta akan menjadi lebih berkah.
Tentu nya sesuai dengan hadist berikut ini
“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendo’alah untuk mereka. Sesungguhnya do’a kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (Q.S. At-taubah:103)
“Hai Anak Adam, bersedekahlah, karena pasti akan dicukupkan (diberikan) nafkah (rezeki) atasmu.” (HR Bukhari Muslim)

Subhanaallah sahabat agama islam merupakan agama yang sangat sempurna dengan mengatur berbagai tata cara hidupnya bukan hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk orang lain
Mari sahabat kita tunaikan zakat kita baik itu zakat fitrah, zakat mall, zakat profesi di GlobalZakat insha'allah GlobalZakat akan menyalurkan zakat sahabat kepada orang orang yang memang berhak mendapatkan nya
Previous
Next Post »
0 Komentar