Ini Negara yang Menerapkan Sanksi bagi Mereka yang Tidak Berpuasa

03.07
 
Di Indonesia, kebebasan menjalankan ibadah puasa Ramadhan dijamin oleh Undang-Undang, tiada penerapan hukum negara sama sekali yang menyasar kepada orang yang berpuasa maupun tidak berpuasa. Seluruh terjadi layaknya toleransi dan empati antara sesama. Tetapi ternyata di jumlahnya negara khususnya Timur Tengah, ada aturan main-main khusus berkaitan berpuasa di bulan Ramadhan.
Ada sanksi yang diterapkan bagi mereka umat Muslim yang tidak berpuasa di bulan Ramadhan. Arab Saudi dan Kuwait, dua negara dari dari sekian banyak negara di Timur Tengah yang menerapkan sanksi tegas terhadap oang Muslim yang makan atau minum di depan umum selagi bulan Ramadhan.
Bahkan Negara Kerajaan Arab Saudi telah memberikan peringatan awal berupa ancaman pengusiran bagi semua pekerja asing baik muslim maupun non muslim yang diketahui makan dan minum di depan umum.
Seperti yang dikutip dari laman BBC, Kementerian Dalam Negeri Saudi telah memberikan pendapat yang sama tiap tahunnya bahwa Dirinya menyerukan agar Non-Muslim juga terus memahami perasaan umat Muslim dan menghargai ritual Islam.
Serupa bersama di Kuwait, Pemerintah dan Polisi setempat meneror bakal membawa satu orang Muslim yang didapati makan dan minum di siang hari ketika Bulan Ramadhan bersama hukuman penjara ringan hingga Ramadhan usai.
Tak hanya di Timur Tengah, negeri tetangga Malaysia yang mayoritas beragama Islam pula amat sering pejabat lokalnya melakukan pemeriksaan ketat di jumlahnya restoran dan taman-taman. Polisi Malaysia mengincar masyarakat Muslim yang diketahui makan dan minum di ruangan terbuka. Apabila tertangkap, denda harus dikeluarkan untuk menebus kesalahan. Namun kalau terjadi tatkala berkali-kali, Polisi Malaysia betul-betul mampu memenjarakan orang yang tak menghargai ibadah wajib Puasa ramadhan.
secara Apa bersama yang berjalan di Jalur Gaza dan Tepi Barat Palestina?
Walau tanah Palestina maupun tanah Muslim yang tunduk, namun tetap ada saja segelintir anak belia menjelang dewasa yang makan dan minum di depan umum waktu Muslim Palestina yg lain sedang berpuasa.
Meski grup militan Hamas di Palestina masihlah mencoba menguasai dan mempertahankan tanah Palestina, merak tetap tak gentar untuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan dgn masih.
Serupa bersama di Mesir, para ulama mengeluarkan fatwa meminta pemerintah untuk melarang orang makan atau minum di depan umum tatkala Ramadan, bahkan bagi 10% populasi Kristen sekalipun.Permintaan yang sama pun diajukan sebelum kelompok Ikhwanul Muslimim berkuasa di Mesir.
Namun sejauh ini, Mesir tidak memberlakukan sanksi bagi mereka yang makan atau minum di depan umum tatkala bulan puasa.
 
Previous
Next Post »
0 Komentar