Sedekah kurban | ibadah qurban

19.37

Hanya dalam hitungan beberapa pekan ke depan, ibadah qurban yg dinanti akan menyapa jutaan muslim pada seluruh global. Di negeri ini, perayaan ibadah qurban tiap tahunnya menjadi seremoni hari akbar Islam ke 2 terbesar selesainya hari kemenangan Idul Fitri.Oleh lantaran keutamaan itu, ibadah qurban pun sebagai bagian menurut prioritas sebagian muslim kelas menengah atas pada Indonesia.
Tetapi terkadang, pada menyiapkan dana buat ibadah qurban, seringkali kita terjebak dalam kebimbangan, di antara ke 2 amalah ibadah terbaik yaitu ibadah Qurban & ibadah sedekah, yang mana mana yg harus didahulukan? Yang mana lebih istimewa?
Pembahasan tentang dua ibadah yang hampir seperti maknanya ini dapat dimulai dari menelusuri keutamaannya pada sisi Allah SWT. Dalam kondisi seperti yang dijelaskan di atas, artinya ada dana yang sudah terkumpul menjelang waktu pelaksanaan Idul Adha atau sudah mendekati pekan-pekan awal di Bulan Dzulhijjah, Maka para ulama menegaskan bahwa lebih primer menyembelih fauna qurban pada satu rangkaian ibadah qurban ketimbang wajib  sedekah sebesar harga fauna qurban tersebut.
Dilansir dari page Voa Islam, Ibnu Taimiyyah pada Majmu’ Fatwa: 26/304 mengungkapkan: ibadah qurban, aqiqah, & hadyu itu lebih utama dibandingkan menggunakan sedekah sebesar harganya.Mengapa ibadah qurban punya posisi yang lebih diutamakan dibandingkan sedekah? Keutamaan ibadah qurban kentara tercantum pada firman Allah di Al-Quran. Bahkan ibadah qurban disandingkan oleh Allah menggunakan ibadah shalat, sebagaimana yang tercantum pada firman Allah SWT:
“Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu dan berqurbanlah” (QS. Al-Kautsar: 2)
Apabila dikaji berdasarkan akal logika manusia pun, ibadah qurban sesungguhnya merupakan sedekah yg lebih baik & lebih konkret bentuknya ketimbang wajib  sedekah berupa uang tunai. Dibalik ibadah sedekah qurban ada keutamaan menyembelih fauna qurban & mengalirkan darahnya sinkron menggunakan tuntunan menurut Nabi Ibrahim, Bapak para Nabi. Setelah fauna qurban disembelih atas Nama Allah,
Sedekah terbaik pun dapat lebih bermakna menggunakan menyalurkan daging hewan qurban yang nikmat bagi semua saudara-saudara yang lebih membutuhkan Tambahan penerangan lain datang berdasarkan Syaikh Ibnu Utsaimin dikutip jua dari page Voa Islam yang mengungkapkan:Dan yg paling utama yaitu ibadah qurban Lantaran menyembelih fauna qurban itu lebih primer daripada sedekah menggunakan seharga hewan qurban itu Selain itu lebih utama juga daripada membeli daging sebanyak itu untuk kemudian disedekahkan. Ibadah qurban diutamakan karena dalam qurban
Terdapat esensi lain dari mendekatkan diri pada Allah dengan menyembelih & mengalirkan darah fauna qurban. Berdasarkan firman Allah SWT:
Daging-daging unta & darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridaan) Allah, namun ketakwaan menurut kamulah yang dapat mencapainya.” (QS. Al-Hajj: 37)

Source : disini


Previous
Next Post »
0 Komentar