Mengapa Terjadi Gempa di Garut

00.52
gempa garut
Mengutip dari Antara, menurut paparan dar Kepala Pusat Vulkanologi & Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bandung, Kasbani, kepada dasarnya seluruhnya wilayah selatan di Pulau Jawa rawan terkena gempa. Termasuk Juga berpotensi memunculkan gempa di Garut. Kenapa begitu?
Kenyataannya wilayah selatan Jawa memang lah jadi ruangan jumpa antara dua lempeng akbar benua, yaitu lempeng Eurasia & lempeng Indo Australia. Ke-2 lempeng ini berjumpa, saling bertubrukan & saling menghujam sesuai di selatan Jawa. Sebetulnya tempat jumpa dua lempeng ini telah menjajar dari ujung Pulau Sumatera, dulu begerak lurus ke pesisir barat Sumatera konsisten lurus ke selatan Jawa hingga ke selatan Bali, & Kepulauan Nusa Tenggara.
Jumpa antara ke-2 lempeng ini serta yg jadi pemicu dari gempa akbar & tsunami Aceh thn 2004 silam. Gesekan antara ke-2 lempeng ini serta yg bertanggung jawab atas gempa Jogjakarta thn 2007.
Selanjutnya, terkait dgn potensi gempa di Garut, benar-benar selagi ini jarang ada kejadian gempa di Garut. Factor ini barangkali disebabkan dikarenakan tidak sedikit titik patahan dari proses tubrukan ke-2 lempeng yg terkunci disekitar selatan Garut. Apabila titik patahan ini mencapai level jenuhnya, sehingga pelepasan energi dari patahan bakal jadi gempa type sedang hingga gede. Seperti yg tempo hari terdeteksi yang merupakan gempa Garut mula-mula di thn 2016.
Meskipun begitu, potensi gempa di Garut bukan berarti nihil sama sekali, justru malah titik bahaya bakal makin berkumpul, kalau di area daerah yg berada dekat bersama jumpa lempeng Bumi tapi nyata-nyatanya jarang berguncang gempa. Karena itu berarti tandanya ada tidak sedikit titik kuncian patahan (seismic gap) yg belum terlepas energinya.
Seperti yg didapati, gempa Garut berlangsung terhadap 6 April 2016 dulu pada jam 21.45 tengah malam. Kemampuan magnitudo gempa Garut pass kuat, mencapai kapabilitas 6,1 skala richter. Area gempa Garut cocok berada di ada titik jumpa lempeng Eurasia & lempeng Indo-Australia di selatan pulau Jawa kurang lebih 101 Kilometer Barat Daya Garut, Jawa Barat. Kedalaman gempa lumayan dangkal seputar 10 kilo meter.
sumber
Previous
Next Post »
0 Komentar